OPINI: Boleh Eksis Asal “Etis”

Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi polusi dari kendaraan dan rutin diadakan pada hari Minggu. Saat ini Car Free Day banyak ditemukan di setiap kota besar di Indonesia, salah satunya Kota Malang. Lokasi yang digunakan untuk kegiatan CFD Malang ini berada di sepanjang Jalan Besar Ijen dan berlangsung mulai pukul 05.30-10.00.

Mengingat tujuan dari Car Free Day adalah untuk mengurangi polusi udara tanpa adanya kendaraan bermotor sehingga masyarakat tidak ketergantungan terhadap kendaraan bermotor, nyatanya poin tersebut sudah bukan merupakan tujuan utama lagi. Keberadaan CFD saat ini banyak dijadikan sebagai ajang eksistensi, baik individu maupun kelompok. Contoh nyata yang dapat dilihat adalah banyaknya berbagai komunitas yang eksis di CFD, beberapa diantaranya adalah komunitas mahasiswa daerah, komunitas sepeda unik dan masih banyak lagi.

Keberadaan berbagai komunitas tersebut cukup bermanfaat karena dapat menghibur, pengunjung menjadi tahu dan dapat meningkatkan hubungan kekerabatan antar sesama. Namun sangat disayangkan, terdapat komunitas tertentu yang  yang mengganggu kenyamanan pengunjung lain yaitu dengan berkumpul memenuhi badan jalan. Hal ini menyebabkan pegunjung mencari alternatif jalan lain dengan berjalan di atas rumput sehingga dapat merusak rumput di taman sekitar Jalan Besar Ijen. Seharusnya para komunitas dan pengunjung harus lebih sadar akan keadaan sekitar agar keyamanan di Car Free Day tetap terjaga.  Boleh eksis, tetapi harus “etis”. (Annisyah/red)

mafaterna

Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *