Dies Natalis FAPET UB yang ke-56, Perayaan Sederhana Dibalik Keberadaannya

       Bagi sebagian orang, hari kelahiran merupakan peristiwa yang sangat penting dan perlu dirayakan. Hal tersebut juga berlaku untuk organisasi ataupun lembaga pendidikan, seperti perguruan tinggi, akademi, dsb. Dies Natalis merupakan sebutan lain dari kata ulang tahun yang ditujukan untuk peringatan atas lahirnya suatu lembaga pendidikan. Seperti yang dikutip dari KBBI bahwa Dies Natalis adalah hari ulang tahun berdirinya suatu lembaga pendidikan tinggi (universitas, akademi, dan sebagainya).

      Biasanya dies natalis diadakan setiap tahun dan dilengkapi dengan bebagai macam lomba, bazar, pameran, doorprize, dan lainnya. Berbeda, Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya melakukan perayaan Dies Natalis secara besar-besaran sekali setiap 2 tahun. Dies Natalis FAPET UB yang ke-56 ini sendiri sebenarnya jatuh pada tanggal 26 Oktober 2017. Akan tetapi, puncak acara yang meliputi jalan sehat, peresmian masjid Al-A’raaf, dan pembagian doorprize baru dilaksanakan pada Minggu, 19 November 2017.

      Dies Natalis FAPET tahun ini terbilang sederhana, karena persiapan yang dilakukan cukup singkat yakni sekitar 3 minggu. Perayaan Dies Natalis FAPET UB ini awalnya tidak direncanakan untuk mengadakan kegiatan jalan sehat. Perayaan terbatas pada acara tumpengan yang diadakan beberapa dosen dan pihak dekanat sebagai bentuk syukur bertempat di lantai 8 gedung 5 pada Oktober lalu. Namun kemudian diadakan jalan sehat pada Minggu, 19 Oktober 2017 sebagai bentuk perayaan menjawab pertanyaan beberapa dosen yang mempertanyakan mengapa tidak ada acara untuk memperingati Dies Natalis FAPET.

      Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rangkaian acara Dies Natalis pada hari minggu tersebut dimulai dengan jalan sehat. Berdasarkan keterangan dari Irul, salah satu peserta, rute yang dilalui yaitu dari halaman gedung 2 FAPET menuju selatan (FPIK)-FIB-PERPUS-Bundaran-FMIPA-dan berakhir di depan masjid Al-A’raaf. Setelah jalan sehat selesai, dilaksanakan peresmian masjid Al-A’raf oleh Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S. Selanjutnya para peserta menikmati hidangan yang telah disediakan dilanjutkan dengan acara yang tidak kalah menariknya yaitu pembagian doorprize. Acara ini juga dilengkapi dengan hiburan yang dimeriahkan oleh Homeband, juga turut serta beberapa staf, dosen serta mahasiswa.

      Penempatan panggung pada tahun ini dilakukan berbeda dari tahun 2015. Panggung ditempatkan tepat di depan gedung 2, yang mana pada tahun 2015 panggung bertempat di lapangan parkir gedung 1. Diungkapkan oleh Ketua Panitia, Dr. Ir. Mashudi M. Agr. Sc. hal ini dilakukan untuk efisiensi tempat, karena hari sebelumnya lapangan parkir gedung 1 digunakan untuk kegiatan BOERLAND 4. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan perayaan tahun ini lebih sedikit namun luas terdiri atas jajaran pimpinan di tingkat Universitas Brawijaya, Dekan seluruh fakultas di UB, jajaran dekanat FAPET, dosen, karyawan, perwakilan dari BEM, DPM,
dan UKM, serta mahasiswa baru FAPET 2017. Selain itu, perbedaan lainnya adalah jumlah hadiah yang lebih sedikit mengikuti Dies Natalis FAPET yang diadakan secara sederhana.

      Ditinjau dari berbagai aspek, terdapat beberapa perbedaan pelaksanaan Dies Natalis 2017 dan 2015 diantaranya lokasi panggung, lamanya persiapan , peserta/para undangan yang berasal dari internal FAPET dan internal UB , adanya peresmian masjid serta pembagian doorprize dari perusahaan yang bekerja sama dengan Fakultas Peternakan. Dengan berbagai bentuk perbedaan perayaan demikian diharapkan dengan bertambahnya umur Fakultas Peternakan ke depannya semakin baik dan terus menghasilkan sarjana-sarjana cerdas dan berprestasi. Umur hanya perihal angka sedangkan kualitas membuktikan kelas.

      “Misi kita kan menuju WCU (World Class University). Jadi bagaimana kita Fakultas Peternakan UB bisa go international karena kita kan sudah menjadi Fakultas Peternakan ketiga terbesar se-Indonesia setelah IPB dan UGM.” harap Dr. Ir. Mashudi M. Agr. Sc. selaku Ketua Panitia. (Ninis,Liza,Diah/red)

 

mafaterna

Lembaga Pers Mahasiswa MAFATERNA Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *