Boer Vilagge Project (BVP) Dari Mahasiswa Untuk Perubahan

 

     Boer Vilagge Project (BVP) 2018 merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan  dibawah kementerian Sosial dan Masyarakat (SOSMA) BEM Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Kegiatan  BVP  ini sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2016, perbedaannya  adalah  terkait waktu , tempat  dan pemateri dalam pelaksanaaanya. Pada tahun ini, BVP dilaksanakan di Dusun Brau, Kecamatan Bumi Aji Kota Batu selama 7 hari yaitu dimulai dari tanggal 11 hingga 17 Agustus 2018. Rangkaian BVP  diawali dengan kegiatan sarasehan yang dilakukan pada pukul 19.30 WIB (11/8)  oleh perwakilan BEM. Panitia, kepala dusun dan beraberapa warga Dusun Brau.

       Kegiatan BVP rencananya meliputi   kegiatan dalam bidang  ekonomi yaitu  donasi, bidang  sosial berupa penyuluhan mengenai peternakan, menonton  layar tancap bersama warga, bersih desa, lombaserta jalan sehat, selanjutnya bidang pendidikan berupa bersih SD yang ada di Dusun Brau,  dekorasi perpustakaan dan belajar bersama di Taman Pembelajaran Qur’an bagi anak – anak. Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan dalam serangkaian acara BVP adalah membantu para peternak, dan lomba dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Puncak acara dari kegiatan BVP adalah  pembagian sembako oleh Ketua Pelaksana.

 

       Panitia dan dosen Fakultas Peternakan dilibatkan sebagai pelaksana dari kegiatan ini. Panitia dipilih melalui open recruitment oleh BEM Fakultas Peternakan berjumlah 42 mahasiswa dan dibagi menjadi berbagai divisi, sedangkan dosen dipilih sebagai pemateri dalam penyuluhan yaitu Prof. Dr. Ir. Siti Chuzaemi, MS dan Firman Jaya, S.Pt., MP., Selain itu dalam kegiatan ini, Mahasiswa Fakultas Peternakan juga dilibatkan namun hanya sebatas menyumbang atau berdonasi berupa finansial dan  barang seperti pakaian bekas dan buku. Selain itu, tidak adanya keterlibatan langsung bagi Mahasiswa Fakultas Peternakan di lapangan dikarenakan Dusun tersebut merupakan desa Binaan BEM FAPET pertama kali  dan dari panitia pelaksana belum mengetahui kondisi lingkungan dan sosial dari desa ini serta kurangnya lokasi penginapan bagi pelaksana. (Omo /red)

mafaterna

Lembaga Pers Mahasiswa MAFATERNA Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *